Silabus Bahasa Indonesia

SILABUS

KELAS XI SEMESTER 1

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  1

Standar Kompetensi : Mendengarkan

1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

1.1 Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar

 

Sambutan atau khotbah

  • · pokok-pokok isi sambutan
  • · ringkasan sambutan/ khotbah

 

  • Mendengarkan sambutan atau khotbah
  • Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
  • Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah

 

  • Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
  • Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • ulangan

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
2
  • tape/ kaset

khotbah

1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara Wawancara melalui radio atau televisi

  • isi pokok wawancara
  • cara merangkum hasil wawancara

 

  • Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi *
    • Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
    • Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
    • Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara

 

  • Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
2
  • · wawancara di radio/ televisi


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  1

Standar Kompetensi : Berbicara

2.  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

2.1     Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)

 

 

Artikel/ buku

  • pokok-pokok isi artikel/ buku
  • hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku

 

  • Membaca artikel/ buku
    • Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
    • Menyampaikan (secara lisan) isi artikel  dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
    • Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

 

  • Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
  • Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

 

Jenis Tagihan:

  • praktik
  • tugas individu
  • tugas kelompok

 

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
  • format pengamatan
4

 

  • buku/ artikel dari media cetak/ elektronik
2.2      Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu Dialog yang berupa tanya jawab

  • daftar pertanyaan
  • rangkuman hasil wawancara
    • Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu *
    • Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
    • Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
    • Mendiskusikan rangkuman hasil wawancara
 
  • Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
  • Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
  • Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • praktik

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • unjuk kerja
  • format pengamatan
4

 

  • tape/ kaset, daftar pertanyaan

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  1

Standar Kompetensi : Membaca

3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

3.1   Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

 

Paragraf  yang berpola deduktif dan induktif

  • kalimat utama
  • kalimat penjelas
  • kalimat kesimpulan
  • ciri paragraf deduktif/ induktif
  • perbedaan deduktif dengan induktif

 

  • Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
    • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
    • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf deduktif dengan induktif
    • Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif

 

  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
  • Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
  • Menemukan paragraf induktif dan deduktif
  • Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
  • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf induktif dengan induktif
  • Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4

 

  • buku yang terkait dengan paragraf

 

  • artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
3.2Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik Naskah berita

  • ciri-ciri naskah berita
  • lafal
  • tekanan
  • intonasi
  • jeda
  • rangkuman isi berita
  • kalimat tunggal
  • pola kalimat
    • Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar *
    • Mendiskusikan pembacaan berita yang dilakukan teman
    • Mengidentifikasi kalimat tunggal
    • Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar
    • Membahas pembacaan berita yang dilakukan teman
    • Mengidentifikasi kalimat tunggal
Jenis Tagihan:

  • tugas individu

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
  • format pengamatan
4

 

  • berita dari media cetak/ elektronik
  • buku tata bahasa

 

 

 

 


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  1

Standar Kompetensi : Menulis

4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

4.1     Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan 

 

Contoh proposal

  • unsur-unsur proposal

 

 

  • Membaca contoh proposal
    • Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal
    • Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat kalimat tunggal
    • Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

 

  • Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur proposal
  • Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
  • Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawabansingkat

 

6
  • buku yang terkait dengan proposal
4.2     Menulis surat dagang dan surat kuasa

 

Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa

  • ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa
  • unsur-unsur surat dagang dan surat kuasa

 

 

  • Mendaftar jenis surat  Niaga
  • Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
  • Menulis surat perjanjian

jual –  beli dan surat kuasa sesuai dengan  keperluan

  • Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
  • Memperbaiki  surat perjanjian jual – beli  dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
  • Mendaftar jenis surat
niaga

  • Menulis surat perjanjian

jual – beli dan surat

kuasa sesuai dengan

keperluan

  • Menjelaskan isi surat  jual-beli dan surat kuasa
  • Memperbaiki  surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4
  • buku yang terkait dengan surat-menyurat
  • buku EyD
4.3     Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki

  • unsur-unsur karya tulis
  • daftar pustaka
  • catatan kaki

 

  • Membaca contoh karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka dan catatan kaki *
    • ·Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
    • ·Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

 

  • Menentukan topik atau gagasan  yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  • Menyusun kerangka karya tulis
  • Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
    • Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • ulangan
  • tugas individu

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
6
  • buku yang terkait dengan karya ilmiah
  • buku EyD

 


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  1

Standar Kompetensi : Mendengarkan

5. Memahami pementasan drama

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

5.1     Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama Rekaman drama

  • pristiwa
  • penokohan
  • konflik
  • pesan
  • amanat
  • isi drama

 

 

  • Mendengarkan rekaman drama
  • Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama
    • Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
    • Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.
    • Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
      • Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
      • Menentukan tema dengan alasan
      • Menentukan pesan dengan data yang mendukung
      • Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
      • Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.
  Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4

 

  • rekaman drama
5.2     Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan Pementasan drama

  • gerak (action)
  • mimik/ pantomimik
  • blockng
  • tata panggung
  • tata busana
  • tata bunyi
  • tata lampu
  • Menonton pementasan drama
  • Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
  • Menganalisis tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu
    • Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
    • Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
    • Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
    • Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
    • Menjelaskan tata lampu
  Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4

 

  • pementasan drama

 

  • rekaman video

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  1

Standar Kompetensi : Berbicara

6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

6.1Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

 

 

Naskah drama

  • gerak (action)
  • mimik/ pantomimik
  • blocking
  • tata panggung
  • tata busana
  • tata bunyi
  • tata lampu
    • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
    • Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
    • Mendiskusikan penyampaian dialog teman
 
  • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  • Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

 

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
    • format pengamatan
6

 

  • buku drama
6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis Naskah drama

  • penghayatan watak tokoh
  • tokoh protagonis
  • tokoh antagonis

 

  • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
    • Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis*
    • Mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman

 

  • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  • Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis,  antagonis, atau  tirtagonis
  • Mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman

 

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
    • format pengamatan
6

 

  • buku drama

 

 


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  1

Standar Kompetensi : Membaca

7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

7.1   Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

 

Teks hikayat

  • ciri-ciri hikayat
  • unsur-unsur intrinsic ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)

 

  • Membaca teks hikayat
    • Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
    • Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
    • Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

 

  • Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
  • Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
  • Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

 

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4

 

  • buku hikayat
7.2   Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan Novel Indonesia dan novel terjemahan

  • unsur-unsur intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
  • unsur ektrinsik  dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll)

 

  • Membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
    • Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia dan terjemahan
    • Membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

 

  • Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
  • Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan  intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
  • Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4

 

  • novel Indonesia

 

  • novel terjemah-

an

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  1

Standar Kompetensi : Menulis

8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

8.1          Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi

 

Resensi novel sastra atau novel populer dengan memperhatikan unsur-unsur resensi

  • prinsip-prinsip penulisan  resensi:

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     kesimpulan

 

  • Membaca resensi
    • Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

–     kesimpulan

 

  • Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

–     kesimpulan

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
    • tugas kelompok
    • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat

 

4

 

  • buku yang terkait dengan resensi

 

  • media cetak/ elektronik
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi Unsur-unsur resensi

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

  • Menulis resensi novel dengan memperhatikan

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

 

  • Menulis resensi novel dengan memperhatikan

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4

 

  • buku yang terkait dengan resensi

 

  • media cetak/ elektronik

 


SILABUS

KELAS XI SEMESTER 2

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Mendengarkan

9. Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

9.1     Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar

 

Gagasan para pembicara  dalam diskusi

  • pokok-pokok isi
  • rangkuman

 

  • Mendengarkan diskusi/ seminar
    • Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
    • Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

 

 

  • Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
  • Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4
  • televisi/ gagasan para pembicara
9.2     Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar Komentar para pembicara

  • cara memberikan komentar

 

  • Mendengarkan pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar
  • Mengomentari pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar

 

  • Mengajukan pertanyaan
  • Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
  • Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4
  • televisi/ gagasan para pembicara

 

 

 

 

 


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Berbicara

10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

10.1Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

 

Contoh hasil penelitian

  • langkah-langkah penelitian
  • syarat-syarat penelitian

 

  • Melakukan penelitian *
  • Menulis hasil penelitian
    • Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
    • Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
    • Mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan( setuju atau tidak setuju) dengan argumen yang kuat.

 

  • Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
  • Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
  • Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami

 

 

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
    • format penilaian
4

 

  • buku yang terkait dengan penelitian
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian Tanggapan para pembicara

  • cara-cara memberikan komentar
  • Mendengarkan presentasi hasil penelitian
  • Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
  • Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian
 
  • Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
  • Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
  • Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan
  • Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
  • format pengamatan
4

 

  • buku yang berhubungan dengan penelitian

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Membaca

11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

11.1    Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan  membaca cepat 300 kata per menit

 

Teks terdiri atas 600 atau 900 kata

  • teknik membaca cepat
  • fungsi membaca cepat
  • rumus membaca cepat
  • Membaca cepat teks
  • Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  • Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan
 
  • Membaca cepat ± 300 kata per menit
  • Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  • Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

 

Jenis Tagihan:

  • pertanyaan tertulis
  • lisan
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • pilihan ganda
  • uraian bebas
  • jwaban sinkat

 

2
  • artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2    Membedakan fakta dan opini  pada editorial dengan membaca intensif Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah

  • fakta
  • opini
  • Membaca tajuk rencana atau editorial
  • Mendiskusikan fakta dan opini dalam tajuk rencana atau editorial
 
  • Menemukan fakta dan opini  penulis tajuk rencana atau editorial
  • Membedakan fakta dengan opini
  • Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • jawaban singkat, pilihan ganda
2
  • media cetak/ elektronik

 

 

 

 


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Menulis

12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan karya ilmiah

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

12.1 Menulis rangkuman/ring-kasan isi buku

 

 

 

 

Ringkasan buku nonfiksi

 

  • Membaca buku nonfiksi
  • Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  • Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
  • Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman
  • Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  • Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
  • Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman
  Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat

 

4
  • buku nonfiksi
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola  penulisannya

 

Contoh notulen rapat

  • unsur-unsur notulen
  • pola notulen

 

  • Membaca beberapa contoh notulen
  • Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
  • Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen  rapat atau lebih
  • Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
  • Menulis notulen rapat
  • Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

 

 

 

 

 

  • Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
  • Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen  rapat atau lebih
  • Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
  • Menulis notulen rapat
  • Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4
  • buku yang terkait dengan surat-menyurat
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian Beberapa karya tulis hasil pengamatan atau penelitian

  • unsur-unsr karya ilmiah
    • Mengadakan penelitian tentang sesuatu *
    • Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
    • Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
    • Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman
 
  • Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
  • Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  • Menyusun kerangka karya tulis
  • Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
  • Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
6
  • buku yang terkait dengan karya ilmiah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Menulis

8. Mengungkapkan infomasi  melalui  penulisan  resensi

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

8.1          Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi

 

Resensi novel sastra atau novel populer dengan memperhatikan unsur-unsur resensi

  • prinsip-prinsip penulisan  resensi:

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     kesimpulan

 

  • Membaca resensi
    • Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

–     kesimpulan

 

  • Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     keunggulan buku

–     kelemahan buku

–     ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

–     kesimpulan

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
    • tugas kelompok
    • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat

 

4

 

  • buku yang terkait dengan resensi

 

  • media cetak/ elektronik

 

 

 

 

 


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Mendengarkan

13. Memahami pembacaan  cerpen

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

13.1    Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan

 

Cerpen yang dibacakan

  • · unsur-unsur cerpen (alur, penokohan, dan latar)

 

  • Mendengarkan cerpen yang dibacakan teman
    • Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam cerpen yang didengar
    • Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen
    • Melaporkan hasil diskusi

 

  • Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar
  • Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar  cerpen

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat

 

 

4
  • buku kumpulan cerpen
13.2    Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan Cerpen yang dibacakan

  • · nilai-nilai (moral, budaya, social, agama)

 

  • Menemukan nilai-nilai (moral, budaya, social) dalam cerpen
  • Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

 

  • Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen
  • Mendiskusikan nilai-nilai tersebut
Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instumen:

  • uraian bebas
  • jawaban singkat
  • pilihan ganda
2
  • buku kumpulan cerpen

 

 

 

 


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Berbicara

14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

14.1Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama

 

 

 

Teks drama

  • penghayatan watak
  • pengekspresian dialog

 

  • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  • Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
  • Mendiskusikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  • Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
  • Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama
  Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok

 

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
  • format pengamatan
4

 

  • buku drama
14.2 Menggunakan gerak-gerik,  mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama Teks drama

  • gerak-gerik,
  • mimik,
  • intonasi

 

  • Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik  yang tepat sesuai dengan watak tokoh
    • Mendiskusikan  peran yang ditampilkan dalam pementasan drama

 

  • Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik  yang tepat sesuai dengan watak tokoh
  • Menanggapi peran yang ditampilkan dalam pementasan drama

 

Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok

Bentuk Instrumen:

  • unjuk kerja
  • format pengamatan
4

 

  • buku drama

 


SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Membaca

15.     Memahami buku biografi, novel dan hikayat

 

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

15.1Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh

 

Buku biografi tokoh sastra (sesuai dengan daerah masing-masing)*)

  • hal-hal  yang menarik
  • perefleksian tokoh
  • penentuan hal-hal yang dapat diteladani

 

  • Membaca buku biografi tokoh sastra sesuai dengan daerah masing-masing *)
  • Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
  • Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
  • Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
  • Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

 

  • Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
  • Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
  • Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
  • Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

 

 

Jenis Tagihan:

  • tugas Individu
  • tugas kelompok

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4

 

  • buku biografi
15.2 Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat
  • ciri-ciri hikayat
  • ciri-ciri novel Indonesia
  • ciri-ciri novel terjemahan
  • unsur-unsur hikayat
  • unsur-unsur novel
  • Membaca hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan
  • Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik  hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
  • Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
    • Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan dengan hikayat
    • Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
    • Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan
    • Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel  terjemahan
Jenis Tagihan:

  • tugas individu
  • tugas kelompok
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • pilihan ganda
  • jawaban singkat
4
  • buku hikayat

 

  • novel Indonesia

 

  • novel terjemahan

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                         : SMA …

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas                                       : XI

Semester                                 :  2

Standar Kompetensi : Menulis

16. Menulis naskah  drama

Kompetensi

Dasar

 

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/ Alat

16.1Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama

 

Teks drama

  • unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik)

 

  • Membaca drama
  • Menulis teks drama*) dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
    • Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
    • Menghidupkan konflik
    • Memunculkan penampilan (performance)

 

  • Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
    • Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
    • Menghidupkan konflik
    • Memunculkan penampilan (performance)

 

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • tugas invidu

 

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas

 

4

 

  • buku drama
16.2 Menarasikan pengalaman manusia  dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
  • teks drama
  • unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik
  • Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
  • Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
  • Menghadirkan latar yang mendukung adegan
 
  • Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
  • Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
  • Menghadirkan latar yang mendukung adegan

 

Jenis Tagihan:

  • tugas kelompok
  • individu
  • ulangan

 

Bentuk Instrumen:

  • uraian bebas
  • jawaban singkat
  • pilihan ganda
4

 

  • buku drama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s